Skip to main content

Stockbit: Social Media untuk Investor Saham

Dalam jaman serba digital saat ini, banyak muncul media sosial yang menawarkan interaksi antar penggunanya. Nah bagi Anda yang tergabung dalam dunia investasi khususnya di saham, ada media sosial yang menurut saya sangat sesuai dan bermanfaat yaitu stockbit. Terus terang saya kagum dan mengapresiasi kehadiran stockbit karena tidak hanya mempunyai fitur layaknya media sosial pada umumnya dimana orang dapat saling berinteraksi dan menuangkan ide, tapi stockbit juga mempunyai fitur teknikal dan fundamental yang menurut saya cukup lengkap. 

Memang banyak fitur-fitur yang hanya tersedia bagi pelangganam berbayar namun kita dapat mencoba trialnya yang gratis dan menurut saya hal tersebut sangat bermanfaat. Bagi saya yang banyak melakukan analisa secara fundamental, fitur yang sering saya gunakan dan saya rasa sangat berguna adalah PE band dimana kita dapat membandingkan PE saat ini dengan historis PE dari saham tersebut, jadi kita dapat mengetahui apakah PE saham saat ini sudah berada di deviasi bawah atau malah di deviasi atas dari historisnya. Selain itu, laporangan keuangan yang disajikan juga cukup lengkap dan dapat diatur untuk ditampilkan per kuartal atau year to date (ulasan tentang year to date dapat dibaca di artikel ini) sehingga dapat membandingkan tren kinerja dalam berbagai periode. 
Hal lain yang juga menarik adalah berita-berita yang cukup up to date sehingga kita dapat menerima notifikasi bila ada berita terbaru dari emiten. Hal baru yang juga menarik adalah stockbit dapat mengajak investor relations dari emiten untuk bergabung sehingga investor dapat berinteraksi secara langsung. Sementara untuk harga sendiri memang relatif, bila modal Anda sudah cukup banyak tentu biaya yang dikeluarkan mungkin tidak seberap dibanding manfaat dan potensi return yang bisa dihasilkan. Bagi Anda yang sudah penasaran tentu dapat segera mencoba mengakses di website stockbit 

Comments

Popular posts from this blog

Arti YoY, QoQ, MoM, dan Ytd

Kunci untuk dapat menganalisa dengan baik salah satunya adalah denan mengetahui istilah-istilah yang terdapat dalam penyajian data keuangan. Selain mengenai rasio ataupun akun-akun dalam laporan laba rugi, yang tidak kalah penting adalah untuk mengetahui perbandingan kinerja saat ini dengan kinerja sebelumnya. Bila salah memahami arti istilah ini, maka bisa saja muncul persepsi yang salah terhadap kinerja perusahaan. Nah dalam melakukan perbandingan dengan periode sebelumnya, sering dijumpai istilah seperti yoy, qoq, mom, dan juga ytd.

Arti Cum Date, Ex Date, dan Distribution Date

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan penghasilan secara rutin dari dividen seperti pembahasan pada artikel ini , maka tentu harus memahami istilah-istilah yang berkaitan dengan dividen sehingga dapat melakukan keputusan investasi yang tepat. Pada saat suatu perusahaan mengumumkan pembagian dividen, ada beberapa istilah yang sering muncul, yaitu dividen final/interim, cum dan ex date, serta distribution date.  Istilah pertama yaitu dividen final adalah dividen yang dibagikan setelah satu tahun buku, sementara

Penurunan pada Saham KBLI dan LPPF

Pada Jumat kemarin, IHSG mengalami koreksi yang tidak terlalu tajam. Meski demikian, ada saham saya yaitu KBLI mengalami penurunan yang cukup dalam yaitu dari pembukaan 422 hingga sempat menyentuh harga 372 sebelum kemudian ditutup di 402. Selain KBLI, saham lain yang juga turun cukup banyak adalah LPPF yang turun sekitar 3%. Penurunan yang terjadi pada KBLI dan LPPF sudah terjadi beberapa hari belakangan ini. Tentu saja melihat harga yang turun dan otomatis portofolio juga ikut turun tentu sedikit menimbulkan rasa kurang nyaman. Meski demikian, dalam kondisi inilah mentalitas dalam berinvestasi diuji. Apakah saya masih dapat berpikir dengan jernih dan objektif dalam menyikapi penurunan tersebut. Jadi tulisan ini sebagai sharing dan juga catatan pribadi saya dalam menghadapi kondisi tersebut.