Skip to main content

Portofolio Update Setelah Keluar Kinerja Q3 2017

Pada akhir Oktober banyak emiten yang telah merilis kinerja keuangan mereka hingga kuartal ketiga 2017. dan laporan keuangan tersebut menjadi acuan penulis dalam menentukan langkah investasi. Pada periode Oktober penulis juga banyak melakukan penjualan sehingga portofolio saat ini pun cukup ramping yang hanya terdiri dari empat saham yaitu SMSM, MBAP, LPPF, dan BSDE. Adapun saham yang penulis jual seluruhnya adalah KBLI dan TPIA.
Untuk KBLI, penulis merasa bahwa kinerja nya yang meningkat pada semester dua yang didukung
oleh keuntungan dari penjualan diskon tampaknya tidak dapat diharapkan untuk terjadi secara konsisten, selain itu adanya kekhawatiran terhambatnya proyek listrik membuat penulis menjual saham ini seluruhnya. Sementara untuk TPIA, penulis sebenarnya menilai emiten ini cukup menarik karena merupakan pemain di industri yang prospektif dan memiliki potensi pasar sangat besar. Keputusan menjual penulis pun lebih didasari pada keputusan pribadi dimana penulis ingin menjaga nilai investasi dan menghindari penurunan yang mungkin terjadi. Faktor lainnya adalah harga nominal saham TPIA yang relatif besar sehingga membeli satu lot pun nilainya cukup besar relatif dibanding besar portofolio penulis, sehingga menyulitkan untuk melakukan money management berupa pembelian ataupun penjualan bertahap seperti yang pernah penulis bahas di sini  Sehingga penulis untuk sementara melepas saham ini namun tetap memantau untuk kemudian membuka kemungkinan kembali membeli bila mendapat harga yang lebih menarik
Sementara untuk MBAP, penulis melihat bahwa kinerjanya hingga kuartal ketiga masih mengesankan dan seperti penilaian sebelumnya, emiten ini masih menawarkan kinerja yang baik dengan harga yang relatif murah. Secara umum penulis akan tetap memegang saham ini namun terkadang melakukan jual beli karena fluktuasi harga cukup tinggi, sehingga dapat menjual pada harga tinggi dan kemudian membeli lagi. 
Begitu pula untuk SMSM, meski tidak didukung oleh growth yang agresif, tapi penulis sangat terkesan dengan kemampuan perusahaan menjaga pertumbuhan top line yang juga diimbangi oleh pertumbuhan bottom line sehingga terlihat bahwa perusahaan mampu menjaga margin laba kotor dan laba bersih sambil terus meningkatkan penjualan. 
Saham lain yaitu LPPF juga menunjukan kinerja yang masih cukup baik meskipun memang terdapat penurunan. Meski demikian, penulis tetap penilai bahwa jaringan ritel LPPF merupakan salah satu keunggulan utama apalagi didukung dengan strategi menggandeng PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) untuk membuka toko perhiasan di dalam area Matahari, hal ini tentu semakin meningkatnan nilai di mata konsumen dan menambah lengkap produk yang ditawarkan.
Sementara untuk emiten properti BSDE, kinerja hingga kuartal ketiga masih baik dan dilihat dari laporan keuangannya, penulis menyimpulkan bahwa persediaan yang dimiliki cenderung meningkat sehingga mungkin perusahaan berpandangan bahwa sektor properti masih prospektif dan persediaan tersebut sangat berguna untuk mendukung perkembangan perusahaan ketika momen properti kembali bergairah seperti beberapa tahun lalu. Apalagi BSDE juga mempunyai cadangan kas yang besar sehingga memudahkan untuk berekspansi. 
Demikian ulasan singkat dari portofolio pada bulan lalu, semoga kinerja emiten yang baik diikuti pula oleh harga saham di pasar.

Comments

Popular posts from this blog

Arti YoY, QoQ, MoM, dan Ytd

Kunci untuk dapat menganalisa dengan baik salah satunya adalah denan mengetahui istilah-istilah yang terdapat dalam penyajian data keuangan. Selain mengenai rasio ataupun akun-akun dalam laporan laba rugi, yang tidak kalah penting adalah untuk mengetahui perbandingan kinerja saat ini dengan kinerja sebelumnya. Bila salah memahami arti istilah ini, maka bisa saja muncul persepsi yang salah terhadap kinerja perusahaan. Nah dalam melakukan perbandingan dengan periode sebelumnya, sering dijumpai istilah seperti yoy, qoq, mom, dan juga ytd.

Arti Cum Date, Ex Date, dan Distribution Date

Bagi Anda yang tertarik untuk mendapatkan penghasilan secara rutin dari dividen seperti pembahasan pada artikel ini , maka tentu harus memahami istilah-istilah yang berkaitan dengan dividen sehingga dapat melakukan keputusan investasi yang tepat. Pada saat suatu perusahaan mengumumkan pembagian dividen, ada beberapa istilah yang sering muncul, yaitu dividen final/interim, cum dan ex date, serta distribution date.  Istilah pertama yaitu dividen final adalah dividen yang dibagikan setelah satu tahun buku, sementara

Penurunan pada Saham KBLI dan LPPF

Pada Jumat kemarin, IHSG mengalami koreksi yang tidak terlalu tajam. Meski demikian, ada saham saya yaitu KBLI mengalami penurunan yang cukup dalam yaitu dari pembukaan 422 hingga sempat menyentuh harga 372 sebelum kemudian ditutup di 402. Selain KBLI, saham lain yang juga turun cukup banyak adalah LPPF yang turun sekitar 3%. Penurunan yang terjadi pada KBLI dan LPPF sudah terjadi beberapa hari belakangan ini. Tentu saja melihat harga yang turun dan otomatis portofolio juga ikut turun tentu sedikit menimbulkan rasa kurang nyaman. Meski demikian, dalam kondisi inilah mentalitas dalam berinvestasi diuji. Apakah saya masih dapat berpikir dengan jernih dan objektif dalam menyikapi penurunan tersebut. Jadi tulisan ini sebagai sharing dan juga catatan pribadi saya dalam menghadapi kondisi tersebut.